Objek Wisata di Pangalengan Luar Biasa

Pangalengan memiliki sejuta pesona alam yang Indah, selain paket rafting di pangalengan, Di sini kita dapat dapatkan banyak object wisata seperti Situ Cileunca, Malabar, pemandian air panas Cibolang, perkebunan teh, dan banyak lagi object wisata yang lain. Menjelajahi alam di Pangalengan bisa kita lakukan dalam satu tempat yang sangat berdekatan, keduanya sama terpadu, dan berkenaan pada wisata petualangan alam dengan atraksi menarik sepertioutbound, paintball, dan kesibukan yang lain. Jadi, Anda tak perlu menggunakan saat, tenaga, juga cost akan lebih bersahabat.

Desa Lamajang

Apabila di Ciwidey, ada Situ Patengan, di Pangalengan ada Situ Cileunca, juga perkebunan teh Malabar, wisata petik stroberi, pemandian air panas alami, danraftingtentunya. Jangan sampai lewatkan juga nikmati budaya Sunda setempat di Desa Lamajang.

Desa Lamajang popular dengan budaya rutinitas Kampung Cikondang. Di sini kita dapat nikmati seni budaya dan tersediahomestaysambil nikmati kuliner dari hasil pertanian dan peternakan beberapa orang desa. Beberapa rumah rutinitas Sunda berumur sebagian ratus th. tetap masih tegak berdiri di desa ini. Di Pangalengan ada sekitar lima rumah rutinitas Sunda yang umurnya semakin lebih 300 th.. Rumah rutinitas di Cikondang saat ini banyak diminati wisatawan yang sukai pada wisata sejarah.

Di Cikalong juga ada satu rumah rutinitas yang masing-masing Muharram selalu jadi tuan rumah penyelenggaraan upacara adat“Kukud Taun”. Dirumah rutinitas Kabuyutan ada satu alat yang bernamagoong rentengyang di kenali tinggal dua dan hanya ada di tempat Pangalengan.

Situ Cileunca

Di Situ Cileunca ada danau buatan yang dibangun pada zaman Hindia Belanda untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan menyuplai kepentingan pengairan, tetapi juga jadi magnet untuk pengagum olahraga air seperti perahu tradisional, jetski, dan arung jeram (rafting). Di Palayangan memiliki 14 jeram menantang yang cocok untuk sebagian pengarung jeram pemula karena lintasannya tidak memiliki resiko dan arusnya tidak terlalu kencang.

Objek Wisata di Pangalengan Luar Biasa
Perkebunan Malabar

Perkebunan teh Malabar ramai dikunjungi wisatawan, terutama hari Sabtu dan Minggu. Perkebunan ini termasuk perkebunan teh tertua peninggalan Hindia Belanda. Di sini kita dapat saksikan bangunan-bangunan khas Belanda, termasuk bekas pabrik.

Makam Bosscha

Situs makam Bosscha yaitu salah satu sejarah peninggalan Hindia Belanda di Pangalengan. Sekitar 9 km dari Desa Banjarsari, atau 3 km dari perkebunan Malabar di Leuweung Letik. KAR Bosscha yakni arsitek dan pengelola kebun teh Malabar dan sangat betah tinggal Malabar. Bosscha memimpin perkebunan teh Malabar hingga meninggal dunia pada 26 November 1928. Mula-mula dia minta apabila meninggal dunia agar dimakamkan di antara rerimbunan semak pohon teh di perkebunan Malabar.

Sambal Kencur

Makanan khas Sunda pasti akan memanjakan lidah kita di bermacam tempat makan di Pangalengan. Di Situ Cileunca kita dapat nikmati ayam bakar tetapi bila biasanya ayam bakar selalu di hidangkan dengan sambal kecap, sambal kacang, atau sambal terasi. Nah, ayam bakar di sini menggunakan sambal lain yg tidak kalah enak, yaitu sambal kencur. Aroma khas kencur pada sambal telah buat rasa dan sensasi sendiri untuk lidah. paket wisata bandung murah.
Advertisement
advertisement
Objek Wisata di Pangalengan Luar Biasa | Kang Eeng | 5

0 comments:

Posting Komentar